Tentang FSN

Sholawat merupakan kekayaan dan tradisi yang dimiliki Indonesia. Sholawat menjadi perekat yang menguatkan bukan menjadi faktor yang bisa memecah belah. Adanya tradisi dan kekayaan ini menjadi bukti bahwa kehadiran Islam tidak menggerus budaya lokal, tapi justru membaur dan saling menguatkan satu sama lain.

Diselenggarakannya Festival Sholawat Nusantara sebagai ekspresi cinta kasih dan kebahagiaan umat kepada Nabinya. Festival Sholawat Nusantara hadir untuk menebar ajaran Islam yang damai dan menumbuhkan kecintaan pada Nabi Muhammad SAW serta untuk meneladani akhlak Rasulullah.

Festival Sholawat Nusantara merupakan lomba sholawat berjenjang yang memperebutkan piala Presiden Joko Widodo dengan tema acara “Cinta Sang Nabi.”

Lomba ini diikuti oleh beragam kelompok pengajian, pesantren, mahasiswa dan pelajar hingga pengajian kantor, BUMN dan berbagai majelis keagamaan yang ada di masyarakat.

Lomba akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, mulai dari lomba kecamatan, kabupaten, provinsi, sampai tingkat nasional.

Organisasi Penyelenggara

I. Rabithah Maahid Islamiyah NU

Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU atau RMI NU adalah Asosiasi  Pondok  Pesantren  se-Indonesia  di  bawah naungan  Nahdlatul  Ulama.  RMI  memiliki  anggota kurang lebih 23.000 Pondok pesantren yang tersebar di Indonesia. Lembaga yang lahir sejak tahun 1951 mencoba mewadahi karakteristik yang bermacam-macam dari berbagai pesantren sekaligus berfungsi menjadi katalisator, dinamisator, dan fasilitator bagi komunitas, khususnya kelompok santri untuk lebih mandiri dalam orientasi menggali solusi-solusi kreatif untuk Negeri.

II. Ikhwanul Muballighin

Ikhwanul Muballighin adalah organisasi para muballigh yang ada untuk umat dan Negara Republik Indonesia.

III. Ikatan Pelajar Nadhlatul Ulama

Ikatan Pelajar Nadhlatul Ulama atau IPNU adalah organisasi dibawah naungan Nahdlatul Ulama yang menanungi pelajar sebagai basis pengkaderan untuk menyiapkan pemimpin yang berilmu, berakhlak mulia, jujur, inovatif, berwawasan kebangsaan , dan  berfaham ahlussunnah wal jamaah. IPNU adalah organisasi keterpelajaran, kekaderan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan keagamaan.

IV. Majelis Dzikir Ya Qawiyy

Majelis Dzikir Ya Qawiyy adalah majelis dzikir yang diinisiasi oleh masyarakat yang istiqomah berdzikir menyebut nama-nama Allah (Asmaul Husna). Majelis Dzikir Ya Qwiyy selalu berdoa agar Negara Indonesia dilindungi dan dirahmati oleh Allah SWT, dan dikaruniai pemimpin serta pejabat public yang kuat melawan korupsi dan ketidakadilan dan penuh kasih sayang menyayangi rakyatnya.

V. Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah

Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) adalah  lembaga yang berdiri sebelum Indonesia merdeka. Lembaga ini menjadi sarana komunikasi antara institusi dan sumber daya manusia yang ada di dalam Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah adalah institusi pendidikan yang banyak dikelola oleh masyarakat yang bertujuan mencerdaskan kehidupan masyarakat, menanamkan nilai-nilai akhlaqul karimah, sebagai modal pembangunan, dan SDM yang berkualitas.

VI. LAZISMA

(Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Mata Air)  adalah Lembaga zakat yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di masyarakat. fokus pada penggalan dan pendistribusian zakat Lazsima ada di 3 sektor yaitu Pendidikan, Pemberdayaan, dan Pelatihan peningkatan skil.